Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togeteher) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Batubara, Yuni Hanifah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togeteher) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNI HANIFAH B- 0306161053 - UINSU.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa di kelas V menggunakan pembelajaran Konvensional di SD Muhammadiyah 02 Medan(2) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa menggunakan model pembelajaran NHT di kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan(3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 02 Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pre-test dan post-test dalam bentuk soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajarbahasa Indonesia siswa menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 78. (2) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh nilai rata-rata 86,5. (3) Terdapat pengaruh model pembalajaran koopertif tipe NHT terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa di kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh thitung> ttabel = 3,035 > 2,024 dengan taraf signifikan = 0,05, sehingga dapat dinyatakan Ha diterima. Simpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang diajarmenggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:27
Last Modified: 22 Feb 2021 15:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item