Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau SD Amaliyah Medan

Ramadhayani, Nurul Fadilah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau SD Amaliyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FADILAH R - 0306162129 - UINSU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu modal yang harus dimiliki peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang ini. Kemampuan seseorang untuk dapat berhasil dalam kehidupannya antara lain ditentukan oleh kemampuan berpikirnya, terutama dalam memecahkan masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran interaktif dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas salama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan jenis Pendekatan Quasi Eksperimen guna untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau. Penelitian ini dilakukan di SD Amaliyah Kecamatan Medan Sunggal, dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran interaktif yaitu memiliki tingkat presentase yang rendah, dengan mendapat nilai rata-rata 68,6111. Setelah diterapkan model pembelajaran interaktif pada materi tumbuhan hijau di SD Amaliyah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,135. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau di SD Swasta Amaliyah Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:23
Last Modified: 22 Feb 2021 15:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item