Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 056000 Kampung Baru Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat T.A. 2019/ 2020

Mardiah, Neni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 056000 Kampung Baru Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat T.A. 2019/ 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ACC SKRIPSI NENI MARDIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional. 2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model numbered head together. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kec. Stabat. Metodologi penelitian ini adalah Quasi Eksperiment yaitu dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kec. Stabat, dan dengan sampel kelas IV-B (kelas eksperiment Numbered Head Together) dan kelas IV-A (kelas kontrol). Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kec. Stabat, menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model numbered head together lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional. Hasil belajar matematika di kelas eksperimen dengan model numbered head together diperoleh rata-rata postest yaitu 85. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata postest yaitu 73,2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dengan model numbered head together menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α=0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model numbered head together pada pembelajaran matematika siswa dikelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kec. Stabat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:57
Last Modified: 19 Feb 2021 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item