Harahap, Baihaki (2019) Metode Pendidikan Dalam Al-qur’an (Telaah Surah An-nahl Ayat 125). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
FILE SKRIPSI BAIHAKI HARAHAP 2019 PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsian para ulama terhadap Surah An-Nahl Ayat 125, seta metode yang terkandung dalam Surah An-Nahl Ayat 125. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah adalah jenis metode kualitatif melalui library reseacrh (kajian studi pustaka), dengan cara mengumpulan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode tahlili, yaitu metode penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber utama kitab tafsir, diantaranya Tafsir Baharil Muhith karya Muhammad bin Yusuf As-Syayyid bi Abi Hayyan Andalusi, Tafsir Khazin karya Alauddun Ali bin Muhammad bin Ibarahim Al-Bagdadi, Al-Qur’a, dan Tafsirnya karya Departemen Agama RI, Tafsir Al-Misbah, Karya M. Qurash Sdihab, Tafsit Al-Azhar Karya Hamka, Muktashar Tafsir Ibnu Katsir karya syakh Amad Syakir. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa dalam Surah An-Nahl Ayat 125 terkandung metode pendidikan. pertama metode hikmah. Kedua, metode mau’izhah. Ketiga, metode jidal. Ketiga metode pendidikan di atas dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:15 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 04:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10789 |
Actions (login required)
View Item |