Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe

Magfiroh, Mufida (2020) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Mufida Maghfiroh.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe sebelum menggunakan Model Role Playing, (2) Hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe setelah menggunakan model role playing, (3) Apakah hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model role playing pada mata pelajaran IPS MIS Al-Hikmah Namorambe. Jenis penelitian berupa PTK dengan subyek penelitian Kelas IV yang terdiri dari 34 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model role playing, untuk mengetahui hasil belajar IPS pada siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan hasil nilai rata-rata pada pre test adalah 59 atau sebanyak 29% (10) siswa yang tuntas, (2) Hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menggunakan model role playing pada siklus I nilai rata-rata pada post test siklus I 66 atau sebanyak 44% (12) siswa yang tuntas dan pada siklus II adalah 81 atau sebanyak 91% (31) siswa yang tuntas. Hasil rekapitulasi nilai ratarata dari pre test adalah 59, siklus I 66 dan siklus II adalah 81, dari hasil ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata. Sehingga hipotesis tindakan yang dilakukan terbukti kebenarannya secara empiric. (3) Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model role playing hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar IPS siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan nilai rata-rata siklus I 66 atau sebanyak 44% (12) siswa yang tuntas dan pada siklus II adalah 81 atau sebanyak 91% (31) siswa yang tuntas. Dengan demikian simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa dengan menggunakan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Namorambe.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Jan 2021 16:02
Last Modified: 31 Jan 2021 16:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item