Analisis Buku Ajar “Taysirul lughatil Arabiyati” Jilid 2 Karya Syarifah Nur Hafziyah Kelas VIII SMP-IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang

Pasaribu, Buyah (2018) Analisis Buku Ajar “Taysirul lughatil Arabiyati” Jilid 2 Karya Syarifah Nur Hafziyah Kelas VIII SMP-IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
buya bab 1-5.docx(1).pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku ajar “Taysirul Lughatil Arabiyyati” jilid 2 karya syarifah nurhafziyah untuk kelas VIII, telah sesuai dengan kriteria buku ajar yang baik bila ditinjau dari materi yang dirangkum, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Secara metodologis, penelitin ini menggunakan Library research atau penelitian kepustakaan yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis penyajian buku,. Dan sember data utama dalam penelitian ini adalah buku ajar “Taysirul Lughatil Arabiyyati” jilid 2 karya Syarifah Nurhafziyah, Kelas VIII SMP-IT Al-Hijrah2 Deli Serdang. Setelah melakukan penelitian tentang materi-materi dibuku tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa buku tersebut: 1) dari aspek Seleksi, pemilihan materi pada buku tersebut telah sesuai dengan tujuan ditulisnya, tingkat kemahiran pembaca/pemula karna bahasa dan pemberian contoh yang baik. 2) dari aspek Penyusunan Materi, terbilang baik, karena lebih mendahulukan kaidah-kaidah yang mendasar. 3)dari aspek Penyajian, materi yang disampaikan menggunakan bahasa dan metode penyampaian yang mudah dipahami oleh pembaca, khususnya para pemula. Dan adapun kelebihan dari buku ajar tersebut ialah: a) Judul cukup menarik perhatian pemula.b) Materi disusun secara sistematis.c) penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.d) Bentuk penjelasan bermacam-macam seperti bentuk tabel,skema, dan tulisan berwarna.e) adanya kesimpulan pembahasan yang dibuat dalam bentuk skema. Kemudian kekurangan buku tersebut ialah : a) Hanya sebagai pengantar .b) Pemberian latihan yang tidak menyeluruh .c) Tidak lengkap dengan gambar atau warna yang minim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.002 Islam dan Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jan 2021 05:25
Last Modified: 23 Jan 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10578

Actions (login required)

View Item View Item