Problematika Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kelas V Semester 2 Pada Kurikulum 2013 Di MIN 2 Deli Serdang

Delviyani, Fitri (2020) Problematika Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kelas V Semester 2 Pada Kurikulum 2013 Di MIN 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIDEL FIX-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui tahapan pembelajaran tematik pada tema benda-benda sekitar kurikulum 2013 di MIN 2 Deli Serdang, (2) untuk mengetahui apa saja problematika yang dialami guru ketika penerapan model pembelajaran tematik tema benda-benda sekitar pada kurikulum 2013 di MIN 2 Deli Serdang, dan (3) untuk mengetahui solusi apa yang dilakukan guru dan sekolah terhadap problematic yang dialami guru pada saat penerapan model pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif yaitu berupa datadata yang didapat baik berupa tertulis maupun dari lisan orang yang berkaitan.Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas V dan Kepala Madrasah MIN 2 Deli Serdang. Dalam proses pengumpulan data pneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan penerapan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MIN 2 Deli Serdang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, karena dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi. Namun, belum secara keseluruhan belum maksimal, dikarenakan dalam menyampaikan pembelajaran guru masih mengalami kendala ataupun problematika yang membuat pembelajaran jadi kurang maksimal. Adapun Kendala atau problem yang dialami guru, anatara lain ialah kurangnya kesiapan guru dan sekolah dalam menyiapkan sarana dan prasaranan yang kurang memamdai, sehingga membuat guru terkadang masih bingung dalam hal menyiapkan media, materi, dan metode. Dari adanya kendala tersebut, adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi hal tersebut ialah guru harus saling bertukar informasi dan bekerjasama dengan guru lainnya mengenai model pembelajaran tematik.Kemudian, dengan selalu mengadakan pelatihan-pelatihan terkait dengan penerapan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jan 2021 04:05
Last Modified: 23 Jan 2021 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item