Andriani, Nani Novita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Educations) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Beringin Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI NOVITA baru.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran RME (Educations Realistic Mathematics), hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan pengaruh penggunaaan model pembelajaran RME (Educations Realistic Mathematics) kelas IV MIN Beringin. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Beringin Kecamatan Beringin. Sampel pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV MIN Beringin sebanyak 50 orang siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teks dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Selanjutnya, dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan realibilitas. Adapun tahap pelaksanaan, analisis data meliputi : uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas IVA 69,08 sedangkan nilai rata-rata kelas IVB 60,92. Hasil perhitungan Uji hipotesis menunjukkan nilai thitung dengan ttabel diperoleh thitung >ttabel yaitu nilai 2,240>2,011. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran RME (Educations Realistic Mathematics). Terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas IV MIN Beringin Kecamatan Beringin.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 14:22 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 14:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10344 |
Actions (login required)
View Item |