Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) Berbantu Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 200112 Padangsidimpuan T.A 2019/2020

Harahap, Maisya Fauziah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) Berbantu Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 200112 Padangsidimpuan T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAISYA FAUZIAH HARAHAP 0306162162 PGMI5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPS, 2) Hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning berbantu media Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS, 3) Pengaruh model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning berbantu media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 200112 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN 200112 Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan tes formatif. Tes formatif digunakan untuk mengukur variabel model pembelajaran dan hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata nilai tes siswa yang menggunakan model konvensional adalah 75, (2) Rata-rata nilai tes siswa yang mrnggunakan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) adalah 80, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 200112. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,94 > 1,67. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas IV SDN 200112 Padangsidimpuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Dec 2020 07:55
Last Modified: 25 Dec 2020 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item