Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas IV MIN 7 Medan Kec. Medan Denai

Erliana, Intan (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas IV MIN 7 Medan Kec. Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
WORD Skripsi Tanpa ttd INTAN ERLIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaaanya di kelas IV MIN 7 Medan Kec. Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan deng-an dua siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi belajar siswa, soal-soal pree-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Medan Kec. Medan Den-ai tepatnya di kelas IV-B dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jumlah siswa laki-laki se-banyak 14 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberi tindakan menunjukkan persentase ketun-tasan belajar klasikal sebesar 0,2% (6 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan Think Pair Share (TPS), diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 53,33% (16 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33% (25 siswa). Sehingga diperoleh peningkatan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 7 Medan Kec. Medan Denai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:42
Last Modified: 27 Nov 2020 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item