Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020

Pohan, Yusma Yarni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP YUSMA YARNI POHAN (24 JUNI 2020).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika MIS Bidayatul Hidayah Rafa; 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika MIS Bidayatul Hidayah Rafa; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tembung Pasar XI Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas IV yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 73 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 50 siswa. Instrumen test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test pilihan ganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homegenitas varians dan uji hipotesis atau uji-t . Hasil temuan menunjukkan: 1) Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen sebesar 83,148 dan kelas kontrol sebesar 73,0435; 2) Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa harga thitung > ttabel yaitu 6,993 > 1,679. Berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa T.A 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:13
Last Modified: 12 Nov 2020 06:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9848

Actions (login required)

View Item View Item