Penerapan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XII SMK Tritech Medan

Mahvi, Aulia Putri (2020) Penerapan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XII SMK Tritech Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
aulia putri mahvi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diberlatangi oleh kurang keterampilan siswa dalam membaca bahasa arab. Strategi yang digunakan adalah strategi reading guide. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca bahasa arab, karena sebelum menggunakan startegi ini siswa sangat kurang terampil/kurang mahir dalam membaca bahasa arab sehingga menyulitkan siswa dalam menjawab pertanyaan sesuai teks cerita yang diberikan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XII SMK Tritech Medan yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah strategi reading guide. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, soal tes, dan refleksi. Berdasarkan hasil peelitian yang dilaksanakan di kelas XII SMK Tritech diketahui adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa arab siswa pada siklus I dikategorikan cukup baik dengan presentase 52,38% dengan rata-rata 6,823. Dan kemudian pada siklus II siswa mengalami peningkatan presentase 85,71 % dengan rata-rata 7,585. Hasil refleksi menyatakan bahwa adanya terjadi peningkatan keterampilan membaca bahasa arab siswa setelah menggunakan strategi reading guide.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:17
Last Modified: 07 Sep 2020 03:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item