Profesionalisme Guru Dalam Alquran Kajian Surah ‘Abasa

Lubis, Sa'adah Fitriani (2018) Profesionalisme Guru Dalam Alquran Kajian Surah ‘Abasa. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SA'ADAH FITRIANI LUBIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2005 pasal 8 menjelaskan tentang kompetensi yang harus dimiliki guru ada empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Selain Undang-Undang, Alquran juga memberikan solusi terhadap bermasalahan yang terkait dengan profesionalisme guru. Maka peneliti bertujuan untuk menganalisa tentang profesionalisme guru yang terdapat dalam surah ‘Aba>sa, dengan harapan bisa memberikan kontribusi serta menambah perspektif yang baru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bertumpu pada kajian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan sejarah dan ilmu tafsir. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (conten analysis). Sumber data yang digunakan adalah kitab-kitab tafsir Alquran sebagai data primer dan data sekundernya adalah buku-buku yang mendukung serta berhubungan dengan objek kajian penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dekumentasi, kemudian mengumpulkan data penelitian untuk dianalisa dengan menggunakan metode tahlily, komparasi dan interpensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : 1) Kompetensi yang terdapat dalam surah ‘Aba>sa merujuk kepada Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 ada empat macam: a.) Kompetensi Pedagogik, meliputi, memahami peserta didik, menguasai materi pelajaran, memiliki metode pembelajaran yang menarik, mengembangkan potensi, mengevaluasi proses dan hasil belajar. b). Kompetensi Kepribadian, meliputi memberi nasehat, bijaksana, memberi manfaat, sabar. c). Kompetensi sosial, meliputi komunikasi lisan dan bergaul secara efektif. d) Kompetensi profesional, meliputi, menguasai metode ajar yang luas dan mendalam, metode disiplin keilmuan. 2). Langkah-langkah menjadi guru profesional dalam surah ‘Aba>sa adalah: Seorang pendidik harus menguasai materi, pelaksanaan pembelajaran, melakukan evaluasi, mengembangkan potensi peserta didik, menjadi uswah, menjalin komunikasi. 3). Kontribusi surah ‘Aba>sa terhadap Profesionalisme Guru adalah seorang pendidik tidak boleh bermuka masam, bersungguh-sungguh, adil, menyiapkan materi ajar, berfikir positif, tanggung jawab.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:53
Last Modified: 10 Aug 2020 02:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9203

Actions (login required)

View Item View Item