Pengaruh Model Guided Discovery Dan Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal

Kuntari, Elva (2019) Pengaruh Model Guided Discovery Dan Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELVA KUNTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Guided Discovery lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di kelas X SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 210 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas X IS-2 dan X IS-3 SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 35 siswa di masing-masing kelasnya. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada materi Trigonometri; 2). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada materi Trigonometri; 3). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery tidak lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada materi Trigonometri; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Pemahaman Konsep siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Guided Discovery daripada Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:17
Last Modified: 19 Mar 2020 03:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8663

Actions (login required)

View Item View Item