Wulandari, Indah (2019) Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI INDAH WULANDARI.pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan; 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan; 3) Perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan; 4) Interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa di MAN 2 Model Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model T.P. 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS-1 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan kelas X IPS-3 sebagai kelas yang diajar dengan dan model pembelajaran Mind Mapping. Data diperoleh dari Post-Test dengan 5 butir soal tes kemampuan penalaran dan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji teknik Two Way ANAVA dan dianjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan, dibuktikan dengan hasil penelitian melalui uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 14,753 > Ftabel = 3,984; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan, dibuktikan dengan hasil penelitian melalui uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 14,654 > Ftabel = 3,984; 3) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping di MAN 2 Model Medan; dibuktikan dengan hasil penelitian melalui uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 27,693 > Ftabel = 3,903; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa, dibuktikan dengan hasil penelitian melalui uji ANAVA, diperoleh Fhitung = 3,724 < Ftabel = 3,984.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 01:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8441 |
Actions (login required)
View Item |