Zam-Zam, Ruwiyah (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Taman Pendidikan Islam Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP no scan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Swasta TPI Sawit Seberang Kabupaten Langkat tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Swasta TPI Sawit Seberang Kabupaten Langkat yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti melakukan 3 kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan, (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siwa. Hal ini berdasarkan hasil belajar pra siklus dengan nilai rata-rata 48, pada siklus I mencapai nilai rata-rata menjadi 81.13. Pada siklus II nilai rata-rata menjacapai nilai tertinggi 85.51; (2) keunggulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dan membantu siswa menjadi aktif belajar.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 08:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8352 |
Actions (login required)
View Item |