Penerapan Metode Permainan Tebak Kata dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Zia Salsabila Bandar Setia

Tambak, Sonia Purba (2019) Penerapan Metode Permainan Tebak Kata dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Zia Salsabila Bandar Setia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Zia Salsabila Bandar Setia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Zia Salsabila Bandar Setia yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah penguasaan kosa kata bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, soal tes dan lembar refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase sebesar 79,16%, dan meningkat pada siklus II dengan persentase 93,75% dan dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup aktif dengan persentase 76,92% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 90,38% dan dikategorikan aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 14,82% dengan persentase penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa pada siklus I sebesar 74,07% dan siklus II sebesar 88,89%. Hasil refleksi menyatakan bahwa siswa setuju terhadap penerapan metode permainan tebak kata.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:50
Last Modified: 11 Feb 2020 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item