Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Negeri Simalungun

Sinaga, Nurhayatimah (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Negeri Simalungun. Masters thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAYATIMAH SINAGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) hasil belajar SKI siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran CIRC lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar SKI antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemandirian belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar SKI. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Simalungun terdiri dari 6 kelas. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran CIRC dan satu kelas pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan angket untuk mendapatlan data kemandirian belajar siswa. Uji normalitas data hasil belajar adalah uji Liliefors dan tes homogenitas adalah uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar SKI siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran CIRC ( = 29,32) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar SKI siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( = 27) dengan Fhitung = 13,32 > Ftabel = 4,00, (2) rata-rata hasil belajar SKI siswa dengan kemandirian belajar tinggi ( = 29,90) lebih tinggi daripada hasil belajar SKI siswa dengan kemandirian belajar rendah ( = 26,20), dengan Fhitung = 10,41 > Ftabel = 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar dengan Fhitung = 12,51 > Ftabel = 4,00. Hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik kemandirian belajar tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran CIRC, sedangkan pada siswa dengan karakteristik kemandirian belajar rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar untuk memperhatikan strategi pembelajaran dan karakteristik siswa dalam merancang pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Additional Information: Hasil belajar siswa, strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:37
Last Modified: 23 Dec 2019 06:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7805

Actions (login required)

View Item View Item