Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Aceh Tenggara

Wahyuni, Fitri (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Aceh Tenggara. Masters thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis fitri wahyuni-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas V MIN 3 Aceh Tenggara yang terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran kolaboratif dan satu kelas pembelajaran kompetitif. Instrumen penelitian adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan angket untuk mendapatlan data motivasi belajar siswa. Uji normalitas data hasil belajar adalah uji Liliefors dan tes homogenitas adalah uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif = 28,15 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif = 26,92, dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi = 29,93 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah = 25,94 dengan Fhitung = 4,43 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih dengan Fhitung = 7,18 > Ftabel = 3,968.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:32
Last Modified: 18 Dec 2019 07:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7752

Actions (login required)

View Item View Item