Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Mis Nurul Huda Desa Sei Paham

Muhammad Ridho, Hakim (2017) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Mis Nurul Huda Desa Sei Paham. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di MIS NURUL HUDA DESA SEI PAHAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persepsi siswa tentang keterampilan , (2) aktivitas belajar siswa di MIS NURUL HUDA DESA SEI PAHAM., (3) hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa di MIS NURUL HUDA DESA SEI PAHAM. Instrument pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara. Untuk data angket datanya diperoleh dengan menggunakan skala likert, yaitu satu skala yang digunakan untuk mengukur sikap, disusun dalam bentuk pertanyaan dan diikuti dalam 4 respon yang menunjukkan tingkatan dengan jawaban alternatif Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sanagat Tidak Setuju (STS),untuk mengukur Variabek X. Selalu (SL), Sering (S), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP), untuk mengukur Variabel Y. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel berjumlah 49 orang diambil 25% dari jumlah populasi sebanyak 136 orang. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah dengan teknik korelasi product moment pearson. Hasil menunjukkan bahwa hubungan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa di MIS NURUL HUDA DESA SEI PAHAM berada pada kategori sedang dengan interprestasi korelasi 0,40-0,599 hal ini ditandai dengan hasil perhitungan product moment yaitu 0,436. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,279. Ini berarti rhitung > rtabel dengan nilai 0,436 > 0,279. Karena r0 > rt pada taraf signifikan 5%, maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis telah diajukan diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan anatara persepsi siswa tentang keterampilan megajar guru denagn aktivitass belajar siswa di MIS NURUL HUDA DESA SEI PAHAM.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:07
Last Modified: 16 Dec 2019 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7719

Actions (login required)

View Item View Item