Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX-5 di MTs Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara”.

Sari, Novita (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX-5 di MTs Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NOVITA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 MTs Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Tes (Pre Test dan Post Test) dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatife tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IX-5 di MTs Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. (2) Mendeskripsikan hasil Belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatife tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IX-5 MTs Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. (3) Mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab atau tidak di kelas IX-5 MTs Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab di kelas IX-5 mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata hanya mencapai 58,43 dan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (31,25%), setelah diterapkan model pembelajaran kooperatife tipe Teams Games Tournament (TGT), pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 71,87 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (56,25%), pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,65 dan siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (71,87%) dan pada siklus III nilai rata-rata lebih meningkat lagi menjadi 87,97 dan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (84,37%). Peningkatan rata-rata nilai siswa dari Pra siklus sampai siklus III yaitu 53,12%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Hasil Belajar siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:26
Last Modified: 25 Nov 2019 08:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7401

Actions (login required)

View Item View Item