Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation di MTs PAB 2 Sampali,

Nasution, Maya Khairani (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation di MTs PAB 2 Sampali,. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Maya Khairani Nasution (Skripsi PDF).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation di MTs PAB 2 Sampali. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas VIII MTs PAB 2 Sampali yang berjumlah 162 siswa. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas VIII-3 dan VIII-4 yang masing-masing berjumlah 36 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation dengan F_hitung=9,751> F_tabel pada taraf (α=0,05)=3,061; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation dengan F_hitung=3,328> F_tabel pada taraf (α=0,05)=2,732 dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Q3 (A1B1 dan A2B1) Qhitung > Qtabel di mana Qhitung = 4,582 dan Qtabel = 2,656; 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Q4 (A1B2 dan A2B2) Qhitung < Qtabel di mana Qhitung = 0,860 dan Qtabel = 2,656.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Group Investigation
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:02
Last Modified: 18 Nov 2019 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7269

Actions (login required)

View Item View Item