Pengaruh Pemahaman Model Active Learning, Kemampuan Merancang, Dan Sikap Profesi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan

Jaya, Farida (2018) Pengaruh Pemahaman Model Active Learning, Kemampuan Merancang, Dan Sikap Profesi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Disertasi FJ.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan dari empat hipotesis yang diajukan, yakni meliputi: 1) Pengaruh Pemahaman Guru mengenai Model Active Learning terhadap Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan; 2) Pengaruh Kemampuan Guru Merancang Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan: 3) Pengaruh Sikap Profesi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan; 4) Pengaruh Pemahaman Model Active Learning, Kemampuan Merancang Pembelajaran dan Sikap Profesi Guru secara bersama-sama terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang ada di MTsN kota Medan yang terdiri dari guru MTsN 1; 11 orang, MTsN 2; 13 orang, MTsN 3; 12 orang, jadi seluruhnya berjumlah 36 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini merupakan total sampling, yaitu semua populasi dijadikan sampel, merujuk pendapat Suharsimi Arikunto yang mengatakan bahwa: “Apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua. Sebaliknya jika subjeknya lebih besar dari 100 dapat diambil antara 10-15% atau 20-25%”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk variable x1, dan Format penilaian APKG untuk variable x2, sedangkan untuk variable x3 dan variable y menggunakan kuesioner model skala Likert. Data penelitian diolah dengan menggunakan teknik Korelasi dan Regresi yang didahului dengan uji persyaratan analisis. Seluruh pengujian menggunakan taraf kepercayaan 95% pada alpha, 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pengaruh Pemahaman guru mengenai active learning terhadap Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 1,9%, Pengaruh Kemampuan merancang pembelajaran terhadap Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 2,5%, Pengaruh Sikap profesi guru terhadap Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 1,6%, selanjutnya Pemahaman active learning, Kemampuan merancang pembelajaran dan Sikap terhadap profesi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 7 % dan sisanya sebesar 93 % dapat di jelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan persamaan regresi gandanya adalah Ŷ = 30,650 + 0,243X1 + 0,546 X2 + 0,416X3. Penelitian ini merekomendasikan Kementerian Agama Kota Medan melalui Mapenda agar memberikan pembinaan secara intensif kepada guru. Upaya pembinaan dapat dilakukan dengan mengadakan rapat koordinasi, memberikan kesempatan kepada guru mengikuti pelatihan. Untuk itu konsekuensinya Kementerian Agama Kota Medan melalui Mapenda harus proaktif secara berkesinambungan memantau perkembangan performa para guru untuk masa-masa yang akan datang.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:18
Last Modified: 23 Aug 2019 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item