Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Strategi Kontekstual Dikelas Iv Mis Tanjung Tiga Secanggang Tahun Pelajaran 2018/2019

Prayoga, Muhammad Fery (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Strategi Kontekstual Dikelas Iv Mis Tanjung Tiga Secanggang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah (1) Kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan strategi model pembelajaran Kontesktual, (2) Guru hanya menggunakan strategi ceramah yang membuat siswa menjadi pasif, (3) Kurangnya variasi guru dalam menggunakan strategi pembelajarann, (4) Kurangnya minat siswa dalam belajar IPA, (5) Guru hanya menggunakan metode konvensional sehingga siswa cenderung tidak bisa mengembangkan kemampuan siswa yang dimiliki, (6) Siswa di MIS Tanjung Tiga memahami materi dengan cara hafalan dan bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket sehingga siswa sering merasa bosan. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Tanjung Tiga Secanggang yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui strategi Kontekstual Dikelas IV MIS Tanjung Tiga Secanggang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari tiga siklus, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, juga disertai dengan pembahasan. Adapun yang menjadi subjek peneliti dari penelitian ini adalah semua peserta didik yang berjumlah 28 orang. Hasil observasi dan penilaian pada PTK ini, bahwa adanya peningkatan kemampuan dasar melalui kegiatan-kegiatan yang telah dirancang di semua siswa yaitu sebelum diadakan tindakan kemampuan anak sebesar 10.8% %. Pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 60.7%, pada siklus II meningkat menjadi 89.3%,pada siklus III meningkat menjadi 86.80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan anak dalam memahami mata pelajaran IPA pada materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Dengan demikian, mempelajari mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi Kontekstual sangat dominan dikalangan siswa MIS Tanjung Tiga Secanggang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:50
Last Modified: 08 Aug 2019 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item