PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 101880 KEC. TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG

Siregar, Intan Permata Hati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 101880 KEC. TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI MURNI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan IPA di SD Negeri 101880 Desa Buntu Bedimbar, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101880 Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 55 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A berjumlah 27 dan kelas V-B yang berjumlah 28 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1)Kemampuan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yang sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran drill meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 7,74 kategori baik dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran drill yaitu 4,67 (kurang baik) 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan IPA di SD Negeri 101880 Desa Buntu Bedimbar, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang T.A 2017/2018. Yakni penggunaan model pembelajaran drill meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPA dibandingkan dengan model Konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 May 2019 03:47
Last Modified: 14 May 2019 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5716

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item