Peran kepala sekolah dalam upaya menerapkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Lima Puluh Desa Perupuk KEC.Lima Puluh KAB. Batubara

Hikmah, Nurul (2018) Peran kepala sekolah dalam upaya menerapkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Lima Puluh Desa Perupuk KEC.Lima Puluh KAB. Batubara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (COVER)
CAVER NURUL.pdf - Accepted Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK NURUL.pdf - Accepted Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I NURUL.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II NURUL.pdf - Accepted Version

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III NURUL.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV NURUL.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 NURUL.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NURUL.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Nurul Hikmah NIM : 37143062 Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam Pembimbing I : Drs. M. Adlin Damanik,M.AP Dra. Pembimbing II : Hj. Rosnita, MA Judul : Peran Kkepala Sekolah Dalam Upaya Menerapkan Pendidikan Karakter di SMP Negri 4 Lima Puluh Kepala sekolah merupakan komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas kepala sekolah akan sangat erat sekali hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan sekolah. Salah satunya yang paling penting adalah mengenai pengembangan pendidikan karakter disekolah. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratinya menuju kearah peradaban yang manusiawi dan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengembangan pendidikan karakter, (2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan suatu keadaan atau sifat seperti adanya untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisa kualitatif. Adapun teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 10 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Orang Tua siswa. Untuk pemilihan informan (guru dan orang tua siswa) peneliti melakukannya dengan cara acak (random sampling), yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Temuan hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Peran kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter dapat dilihat dalam: 1) Perencanaan. Dalam hal ini kepala sekolah melalukakan langkah pertama yaitu:(a) Merumuskan visi misi sekolah, (b) Merumuskan tata tertib sekolah. 2) Pengembangan kurikulum.Bentuk pengembangan kurikulum dalam penengembangan pendidikan karakter, antara lain: (a) Menyusun Silabus pembelajaran : Dalam proses penyusunan/pengembangan silabus disusun atau dikembangkan secara mandiri, melibatkan seluruh guru. Guru dapat mengembangkan silabus sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya penambahan dan modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga ada kegiatan pembelajaran yang mengembangkan karakter. (b) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Strategi dan program yang dilakukan di SMPN 4 Lima Puluh adalah membuat RPP per KD dan mengembangkan pertemuan untuk setiap KD nya, indikator sesuai dengan silabus dan kegiatan pembelajaran di RPP berdasarkan kegiatan pembelajaran disilabus. Dilihat dari hasil dokumentasi para guru sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran yang diampuhnya. Kedua, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Manajemen Sekolah. Untuk mengimplementasikan manajemen sekolah yang terpadu dengan nilai-nilai pendidikan karakter, kepala sekolah SMPN 4 Lima Puluh melakukan pengelolaan sumber daya manusia secara baik antara lain melalui: (a) Mengorganisasikan kegiatan guru dan staf sesuai dengan bidang kerja masing-masing, (b) Memberikan pengarahan kepada guru dan staf agar bekerjasama demi mencapai tujuan, (c) Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan para guru dan staf agar mereka bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Kata kuci : Peran, pendidikan karakter

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Khoirot Khoirot
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:06
Last Modified: 26 Jun 2019 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item