Upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange pada pelajaran fikih materi sedekah, hibah, dan hadiah di kelas viii-c mts ex pga proyek univa medan Tahun 2018

Syahputri, Siti (2018) Upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange pada pelajaran fikih materi sedekah, hibah, dan hadiah di kelas viii-c mts ex pga proyek univa medan Tahun 2018. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Image (SAMPUL)
coper.pdf - Cover Image

Download (257kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx - Accepted Version

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keaktifan siswa pada mata pelajaran fikih materi hibah, hadiah, dan sedekah di kelas VIII MTs. EX PGA Proyek Univa Medan sebelum di terapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchange, (2) keaktifan siswa pada mata pelajaran fikih materi hibah, hadiah, dan sedekah di kelas VIII MTs. EX PGA Proyek Univa Medan setelah di terapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchange. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Actian Reseach. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTs. EX PGA Proyek Univa Medan, kelas ini berjumlah 34 siswa dengan 15 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Keaktifan siswa pada mata pelajaran fikih materi sedekah, hibah, dan hadiah sebelum menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) masih terbilang rendah hanya mencapai 26 % atau berjumlah 9 siswa, (2) Keaktifan siswa pada mata pelajaran fikih materi sedekah, hibah, dan hadiah setelah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) mengalami peingkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I tingkat keaktifan siswa mencapai 44 % atau berjumlah 15 siawa, pada siklus II mencapai 65 % atau berjmlah 22 siswa, dan siklus III mencapai 76 % atau berjumlah 26 siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Group To Group Exchange
Subjects: 2X4 FIQH
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Siti Hajjah
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:06
Last Modified: 01 Jul 2019 05:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item