Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan

Matseh, Matseh (2012) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai apakah pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) materi beriman kepada Qadha dan Qadar pada siswa kelas IXB Semester II Tahuan Ajaran 2011/2012. Adapun hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: 1. Pada tahap pra tindakan siswa kelas IXB pada Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan memperoleh nilai tes hasil belajar pada materi beriman kepada Qadha dan Qadar menunjukkan bahwa 23 orang perserta didik (92%) belum mencapai batas ketuntasan dan hanya 2 orang peserta didik (8%) yang mencapai ketuntasan belajar. Untuk tes minat peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran berbasis proyek melalui kuisioner menunjukkan bahwa minat peserta didik yang memiliki minat yang tinggi sebanyak 2 orang (8%), sedang sebanyak 10 orang (40%) dan 13 orang peserta didik (52%) rendah. 2. Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dilakukan sebanyak dua siklus. Pada pelaksanaan siklus I digunakan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Peserta didik dibagi kedalam 3 kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan peneliti pada pertemuan pertama dan kedua (siklus I) dengan hasil tes adanya peningkatan, namun belum seluruhnya peserta didik mampu mencapai batas ketuntasan minimal baik minat maupun hasil belajar Pendidikan Agama Islam sehingga perlu adanya siklus II. 3. Minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa setelah dilakukan pembelajaran berbasis proyek pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang signifikan. Pada siklus I minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) anak sudah meningkat dari pra siklus. Dari 25 peserta didik terdapat 5 orang peserta didik (20%) sudah memiliki minat yang tinggi, 12 orang perserta didik (48%) memiliki minat sedang dan hanya 8 orang peserta didik (32%) memiliki minat rendah, sehingga perlu dilakukan siklus II. Pada siklus II minat peserta didik meningkat yaitu seluruh siswa (100%) memiliki minat yang tinggi dengan interval perolehan nilai kuisioner antara 50-60, hal ini menunjukkan tindakan pembelajaran berbasis proyek berhasil. Pada hasil belajar tindakan yang dilakukan pada siklus I menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebanyak 11 orang peserta didik (44%) telah mencapai batas ketuntasan dan 14 orang peserta didik masih dibawah ketuntasan belajar sehingga perlu dilanjutkan siklus II. Pada siklus II menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan yaitu seluruh siswa (100%) mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi beriman kepada Qadha dan Qadar. 4. Setelah berakhirnya siklus II angka peningkatan minat belajar Pendidikan Agama Islam pada materi beriman kepada Qadha dan Qadar dan hasil belajar meningkat, dengan nilai terendah 4 point dan tertinggi 25 point pada seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan setelah dilakukan pembelajaran berbasis proyek. Dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muhammadiyah 50 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 27 Apr 2016 08:49
Last Modified: 27 Apr 2016 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item