Implementasi model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar kelas IV MIS Teladan II KEC. Nibung Angus Kabupaten Batu BaraTP. 2017/2018

Sari, Helmita (2018) Implementasi model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar kelas IV MIS Teladan II KEC. Nibung Angus Kabupaten Batu BaraTP. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (COVER)
COVER HELMITAA.pdf - Accepted Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK HELMITAA.pdf - Accepted Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA HELMITA.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum dansetelah diterapkan model pembelajaran terpadu di kelas IV (2) Penerapan model pembelajaran terpadu dalam meningkatan hasil belajar siswa di kelasIV. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas IV yang berdiri dari 36 siswa, berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa:(1) hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran terpadu tipe connected yaitu siswa yang tuntas berjumlah 8 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal 22,2% dengan nilai rata-rata 46,94. (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran terpadu yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,1% dengan nilai rata-rata 61,66. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 31 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,1% dengan nilai rata-rata 81,66. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80%. (3) setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi Penduduk di Lingkungan Sekitar kelas IV MIS Teladan II Kec. Nibung Angus Kabupaten Batubara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: suyani nursiska sari
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:03
Last Modified: 30 Jul 2019 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item