PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIN SINEMBAH DESA MEDAN SINEMBAH KECAMATAN TANJUNG MORAWA DELI SERDANG T.A. 2017/2018

Lubis, Riskia Fitri (2018) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIN SINEMBAH DESA MEDAN SINEMBAH KECAMATAN TANJUNG MORAWA DELI SERDANG T.A. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (sampul)
SAMPUL RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA RISKIA.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dengan menggunakan media visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-c MIN Sinembah sebanyak 19 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut standar KKM mata pelajaran IPS adalah 75, sebelum diterapkan media visual. Hasil yang diperoleh dari 19 siswa terdapat 3 siswa (15,78%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 16 siswa lainnya (84,21%) masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 45,26%. Setelah pemberian tindakan menggunakan media visual dapat meningkat. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yakni dari 19 siswa terdapat 9 siswa (47,36%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 10 orang siswa lainnya (52,63%) yang masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,10%. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada tindakan siklus II yakni terdapat 14 orang siswa (73, 68%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 5 orang siswa lainnya (26,31%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 72,57%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar materi kerajaan-kerajaan islam di nusantara mata pelajaran IPS pada kelas V MIN Sinembah Desa Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, penggunaan metode visual dalam pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Pengguna yang mendeposit: indri sukma tilawah
Date Deposited: 07 Dec 2018 15:30
Last Modified: 07 Dec 2018 15:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item