Sari, Helmita (2018) Implementasi model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar kelas IV MIS Teladan II KEC. Nibung Angus Kabupaten Batu BaraTP. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Image (BAB 1)
COVER HELMITAA.pdf - Accepted Version Download (424kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II HELMITA.pdf - Accepted Version Download (596kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III HELMITA.pdf - Accepted Version Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV HELMITA.pdf - Accepted Version Download (414kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V HELMITA.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA HELMITA.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Helmita Sari NIM : 36.14.4.028 Fakultas/jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pembimbing I : Dr. Hj. Rosdiana A. Bakar, MA Pembimbing II : Tri Indah Kusumawati, M.Hum Judul : Implemenntasi Model Pembelajaran Terpadu Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Penduduk di Lingkungan Sekitas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MIS Teladan II Kec.Nibung Angus Kabupaten Batu-bara. Kata Kunci:Model Pembelajaran Terpadu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum dansetelah diterapkan model pembelajaran terpadu di kelas IV (2) Penerapan model pembelajaran terpadu dalam meningkatan hasil belajar siswa di kelasIV. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas IV yang berdiri dari 36 siswa, berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa:(1) hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran terpadu tipe connected yaitu siswa yang tuntas berjumlah 8 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal 22,2% dengan nilai rata-rata 46,94. (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran terpadu yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,1% dengan nilai rata-rata 61,66. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 31 orang atau dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,1% dengan nilai rata-rata 81,66. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80%. (3) setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi Penduduk di Lingkungan Sekitar kelas IV MIS Teladan II Kec. Nibung Angus Kabupaten Batubara.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pengguna yang mendeposit: | suyani nursiska sari |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 04:03 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 04:03 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4710 |
Actions (login required)
View Item |