Pengaruh Strategi Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Sistem Pengaruh Globalisasi Di Lingkungan Sekitar Kelas Iv Mis Teladan I Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Maiyani, Sri (2018) Pengaruh Strategi Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Sistem Pengaruh Globalisasi Di Lingkungan Sekitar Kelas Iv Mis Teladan I Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (Sampul)
SAMPUL 1.pdf - Accepted Version

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK 1.pdf - Accepted Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I 1.pdf - Accepted Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II 1.pdf - Accepted Version

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III 1.pdf - Accepted Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV 1.pdf - Accepted Version

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V 1.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar PKN siswa pada bahasan sistem globalisasi di lungkungan sekitar tanpa penerapan strategi Jigsaw kelas IV MIS Teladan 1 Ujung Kubu (2) Pencapaian strategi Jigsaw pada pelajaran PKN Kelas IV MIS Teladan 1 Ujung Kubu (3) Pengaruh strategi Jigsaw terhadap hasil belajar PKN pada pokok bahasan sistem pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar kelas IV MIS Teladan 1 Ujung Kubu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Populasinya adalah kelas IV A dan Kelas IV B. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas IV A dan 30 siswa Kelas Iv B. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test. Temuan penelitian ini adalah (1) hasil penelitian membuktikan bahwa siswa yang diajarkan dengan strategi Jigsaw memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,19 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan konvensional memperoleh rata-rata 69,67 (2) hasil belajar dengan menggunakan strategi Jigsaw dalam pembelajaran sebagian besar siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan nilai mencapai KKM 75 yaitu 23 dari 32 siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai mencapai KKM, sehingga pemanfaatan strategi Jigsaw dalam pembelajaran ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) Penerapan strategi Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar PKN pokok bahasan sistem pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar kelas IV MIS Teladan 1 Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: sarida mora lubis
Date Deposited: 08 Dec 2018 04:10
Last Modified: 19 Jul 2019 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item