Khairani, Dwi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLETERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Image (Sampul)
COVER (1).pdf - Accepted Version Download (823kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (800kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Download (706kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Download (501kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (735kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (261kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap keaktifan siswa. 2). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar Matematika Siswa. Penelitian ini merukan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Jammiyatul Wasliyah Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VII-2 berjumlah 32 siswa yang merupakan kelas eksperimen dan kelas VII-3 berjumlah 32 siswa yang merupakan kelas control. Teknik pengumpulan data mnggunakan angket untuk menilai keaktifan belajar siswa dan pemberian pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang sebelumnya ddilakukan persyaratan dengan uji normalitas dan uji homogenitas untuk menganalisis data angket dan posttest. Data penelitian berupa angket keaktifas siswa dan hasil belajar matematika siswa dianalisa dengan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Ada pengaruh pembelajaran Learning Cycle terhadap terhadap keaktifas siswa kelas VII. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t. dimana hasil thitung = 2,9563 dan ttabel = 2,0372 berarti thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak. Artinya rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle berpengaruh positif terhadap keaktifas siswa dan hasil belajar matematika siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, Keaktifan siswa, Learning Cycle |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | kurnia sandi |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 06:10 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 06:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4647 |
Actions (login required)
View Item |