Pengembangan Literasi Informasi Keagamaan Berbasis Website Pada Siswa Tingkat SMP

Syahputra, Muhammad Fadli (2024) Pengembangan Literasi Informasi Keagamaan Berbasis Website Pada Siswa Tingkat SMP. Masters thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I (1).pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB_IV (1).pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB_V (1).pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_dan_LAMPIRAN_compressed.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi informasi keagamaan berbasis digital bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan utamanya mencakup identifikasi kebutuhan literasi informasi keagamaan, pengembangan materi pembelajaran berbasis digital yang relevan dengan kurikulum, serta peningkatan keterampilan digital siswa dalam mengakses dan menggunakan informasi keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui angket uji validasi produk melibatkan ahli materi, Bahasa, dan desain, serta uji praktikalitas dilakukan terhadap siswa untuk menilai keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk literasi informasi keagamaan berbasis website yang dikembangkan terbukti praktis dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran keagamaan. Selain itu, produk ini juga mendukung pembelajaran yang fleksibel dan berkontribusi pada peningkatan literasi digital siswa. Guru melaporkan bahwa produk ini membantu mereka dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Produk literasi informasi keagamaan berbasis website ini mendapatkan penilaian sangat baik dari para ahli. Penilaian menggunakan Skala lima (5.00) menunjukkan kualitas yang sangat baik dalam berbagai aspek, termasuk konten, keterbacaan, desain visual, dan kemudahan akses. Dalam penilaian ahli materi, rata-rata nilai 4.6 menunjukkan kategori sangat baik. Penilaian ahli Bahasa memberikan ratarata nilai 4.25, yang juga termasuk kategori sangat naik karena memenuhi standar yang diharapkan. Sementara itu, penilaian ahli desain menunjukkan nilai rata-rata 4.60, juga dalam kategori sangat baik. Jika ditotal, validasi dari ketiga ahli memberikan rata-rata nilai 4.48, yang juga termasuk kategori sangat layak. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa produk ini memenuhi standar yang diharapkan dengan kualitas yang sangat baik dalam berbagai aspek.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 004 Data processing Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 11 Feb 2025 01:31
Last Modified: 11 Feb 2025 01:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item