Puspitasari, Erika (2022) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Math Addict Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tebing Tinggi. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_SkripsiTesisDisertasi.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
BAB_1 (1).pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB_2.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB_3.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB_4_compressed_3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_5 (1).pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA (2).pdf Download (450kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Math Addict Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Negeri Tebing Tinggi”, yang dilatarbelakangi bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar matematika berbasis android dengan menggunakan aplikasi math addict pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII-6 MTs Negeri Tebing Tinggi dengan jumlah 28 siswa. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan bahan ajar matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi ahli untuk mengukur kevalidan bahan ajar yang dikembangkan, angket respon siswa dan angket respon guru untuk mengukur kepraktisan bahan ajar, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan bahan ajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil pengembangan aplikasi bahan ajar matematika berbasis android. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan, berdasarkan skor rata-rata validasi ahli materi yaitu 3,67 dan validasi ahli media yaitu 3,3. Bahan ajar ini juga dinyatakan praktis dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan respon siswa dan respon yang dibagi menjadi uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 3,67, uji coba kelompok besar dengan rata-rata 3,64 dan uji coba pendidik dengan rata-rata 3,87. Hasil keefektifan memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,72 hasil tersebut ke dalam kategori keefektifan tinggi.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 003 Systems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 09:10 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 09:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |