R, Dara Elfira (2023) Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Rabbani Islamic School. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
1__cover.pdf Download (871kB) |
![]() |
Text
BAB_I (1).pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
bab_ii (1).pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
bab_iii (1).pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
bab_4_dara.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab_5_dara.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf Download (355kB) |
Abstract
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Pelaksanaan pengembangan bahasa melalui permainan papan tutup botol pada anak usia 5-6 tahun 2) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pengembangan bahasa melalui permainan papan tutup botol pada anak usia 5-6 tahun 3) Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala pelaksanaan pengembangan bahasa melalui permainan papan tutup botol pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelompok B dan kepala sekolah, data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan permainan papan tutup botol dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 tahun sudah dilakukan dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan yaitu guru memberikan pengetahuan dan aturan-aturan serta tata tertib dalam bermain, guru menyiapkan kartu huruf, mulai melakukan kegiatan permainan yaitu memasangkan tutup botol yang sudah ditulis huruf ke botol yang ditempel pada papan, meminta anak untuk memasangkan tutup botol yang huruf pada botol sesuai dengan kata yang telah ditulis pada papan dan meminta anak untuk membaca kata yang sudah disusun. 2) Kendala yang di hadapi guru yaitu terkadang anak akan fokus dengan permainan yang dimainkan bukan fokus dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu juga, dalam menggunakan permainan papan tutup botol, penggunaan waktu yang tidak efektif karena anak terlalu lama dalam mencari hurufnya. 3) Solusi yang dilakukan guru adalah guru harus memberikan intruksi berupa aturan dalam pembelajaran sehingga anak tidak hanya sekedar bermain pada permainan papan tutup botol tersebut namun dapat memahami materi yang disampaikan guru, guru menyesuaikan kata-kata yang ditulis dengan kemampuan anak dalam mencari sehingga anak-anak tidak terlalu lama dalam mencari huruf-huruf tersebut.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 794 Indoor games of skill |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:52 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |