Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendekatan Kontekstual Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa SMP PAB 21 Pematang Johar

Bebi, Sunita (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendekatan Kontekstual Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa SMP PAB 21 Pematang Johar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SUNITA_BEBI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_SUNITA_BEBI_1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB_II_SUNITA_BEBI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB_III_SUNITA_BEBI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB_IV_SUNITA_BEBI.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB_V_SUNITA_BEBI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_BEBI_(2).pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab SMP PAB 21 Pematang Johar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab siswa SMP PAB 21 Pematang Johar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, dan beberapa siswa SMP PAB kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Selanjutnya teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pendekatan kontekstual dilakukan secara bertahap dan perlahan mulai diterapkan di kelas VIII. Penerapan pendekatan kontekstual hanya akan dilaksanakan ketika siswa kesulitan untuk mencari makna dari pembelajaran dan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Karakter siswa dalam aspek peduli sosial dan tanggung jawab selalu dinilai oleh guru. Salah satu cara yang digunakan dengan pembentukan kelompok belajar. Guru dapat menilai dan mengembangkan karakter siswa dalam aspek peduli sosial dan tanggung jawab. Faktor penghambat sendiri yaitu sarana dan prasarana yang tidak memadai, tingkat pemahaman siswa yang beragam, juga keterbatasan waktu

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:47
Last Modified: 10 Feb 2025 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item