Putri, Nur Amalia (2024) Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Caver_Putri.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka_Fixxxx.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan datanya dalam bentuk angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t (parsial), uji f (simultan), analisis regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini diperoleh thitung reward sebesar 4,109 dengan nilai ttabel diperoleh sebesar 1,654. Dasar pengambilan keputusan apabila hasil nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, reward dengan jumlah 4,109 > 1,654 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. i ii Hasil penelitian yang diperoleh thitung punishment sebesar 3,320 dengan nilai ttabel sebesar 1,654. Dasar pengambilan keputusan apabila hasil nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, punishment dengan jumlah 3,320 > 1,654 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Berdasarkan pada hasil nilai Fhitung sebesar 25,264 > 3,087 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Diperoleh besarnya probabilitas signifikansi reward dan punishment secara bersama-sama adalah 0,000. Diperoleh nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, secara simultan Fhitung dan signifikansi dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:37 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |