Aulia, Raodhatus Anggi (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover-daftar_lampiran_compressed_(1).pdf Download (997kB) |
![]() |
Text
BAB_I_rev.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB_II_rev.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB_III_rev.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_rev.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB_V_rev.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA (4).pdf Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP IT AL-JAWAHIR tergolong rendah yang dapat dilihat dari siswa tidak mengerti maksud yang terdapat di dalam soal, siswa tidak dapat memberikan contoh pada konsep dan menerapkan konsep sesuai dengan kondisi. Oleh karena itu, diperlukan peran guru untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan berbantuan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Temas Games Tournament berbantuan aplikasi quizizz dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT ALJAWAHIR. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah tes berbentuk pretes dan postes. Uji analisis yang digunakan adalah paired samples t – test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Besarnya peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan aplikasi quizizz adalah 64,40 nilai rata-rata pretes dan 81,57 nilai ratarata postes maka menghasilkan selisih 17,17 poin atau sebesar 57,2 %.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:02 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:02 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |