Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Materi Ajar di MTs AS SYARIF Kuala Beringin Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara

A’yuni, Nur (2024) Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Materi Ajar di MTs AS SYARIF Kuala Beringin Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
File_cover_sampai_kata_pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1_NUR_AYUNI.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB_II_NUR_AYUNI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_NUR_AYUNI.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB_IV_NUR_AYUNI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_NUR_AYUNI.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Daftar_pustaka_sampai_lampiran-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru, Kompetensi Profesional, Pengembangan, Materi Ajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru akidah akhlak dalam pengembangan materi ajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ada di lapangan bahwa kompetensi profesional guru tidak sesuai dengan harapan yang telah dirumuskan dalam regulasi peraturan perundangundangan. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di MTs AS SYARIF Kuala Beringin. Data dan sumber data penelitian bersumber dari informan kunci yaitu guru akidah akhlak dan informan pendukung yaitu kepala madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam anlisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan telah menjawab rumusan masalah yang ada. Bahwa di MTs AS SYARIF guru akidah akhlak belum sepenuhnya melakukan pengembangan sesuai indikator yang telah dijadikan acuan. Hasilnya menujukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan materi yang diajarkan secara kreatif adalah melalui penggunaan mind mapping, gambar dan audio visual. Guru juga telah memanfaatkan media dan TIK untuk pengembangan materi ajar. Namun guru belum menggunakan hasil penelitian untuk pengembangan materi ajar. Guru juga tidak secara khusus membuat bahan ajarnya sendiri dalam bentuk buku teks atau modul pembelajaran. Hal tersebut harus menjadi perhatian dan harus mampu dilakukan sebagai bukti guru akidah akhlak mempunyai kompetensi profesional terutama dalam pengembangan materi ajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:59
Last Modified: 07 Feb 2025 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item