Pengaruh Celebrity Endorser, Fanatisme Penggemar dan Merchandise Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo (Studi Kasus NCTzen Indonesia)

Wahyuni, Erika Sri (2024) Pengaruh Celebrity Endorser, Fanatisme Penggemar dan Merchandise Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo (Studi Kasus NCTzen Indonesia). Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB_I (3).pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB_II (4).pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB_III (4).pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB_IV_.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB_V (4).pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN (1).pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, fanatisme penggemar dan merchandise terhadap keputusan pembelian Mie Lemonilo oleh NCTzen Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh NCTzen Indonesia yang mengikuti akun Twitter @7dreamsbt yang membeli produk Mie Lemonilo. Jumlah sampel yang diketahui dengan menggunakan rumus Slovin yakni berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan alat statistik dengan bantuan SPSS. Celebrity endorser, fanatisme penggemar dan merchandise terhadap keputusan pembelian, dari hasil pengujian menunjukkan variabel celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > t-tabel yaitu 4,033 > 1,984 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Variabel fanatisme penggemar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam membeli Mie Lemonilo. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 3,690 > 1,984 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Variabel merchandise berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam membeli Mie Lemonilo. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 3,731 > 1,984 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Hasil pengujian secara simultan dengan uji f menunjukkan bahwa celebrity endorser, fanatisme penggemar dan merchandise berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk Mie Lemonilo oleh NCTzen Indonesia dengan perolehan nilai hasil f-hitung > f-tabel yaitu 5,871 > 2,70 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa uji f Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti secara simultan celebrity endorser, fanatisme penggemar dan merchandise berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel Y. Pada penelitian ini, dari hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,129 atau 12,9%. Hal ini berarti pengaruh antara variabel bebas yaitu celebrity endorser, fanatisme penggemar dan merchandise terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 12,9%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:49
Last Modified: 07 Feb 2025 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item View Item