Penerapan Standar Proses Sebagai Wujud Visi Misi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hikmatul Salridho

Harahap, Alwi Shihab Syah (2024) Penerapan Standar Proses Sebagai Wujud Visi Misi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hikmatul Salridho. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_2024_COVER.pdf

Download (752kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_BAB_1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_BAB_2.pdf

Download (788kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_BAB_3.pdf

Download (463kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_BAB_4.pdf

Download (570kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_BAB_5.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALWI_SHIHAB_SYAH_HARAHAP_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_1.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Penerapan Standar Proses Pendidikan Sebagai Wujud Visi Misi MIS Hikmatul Salridho” yang dilatar belakangi bahwa ketidaksesuaian antara kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat dan implementasinya di tingkat madrasah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya sumber daya, baik itu guru yang kompeten, fasilitas yang memadai, maupun anggaran yang cukup. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kunalogi, dengan memanfaatkan data dari kepala madrasah, wakil kurikulum bidang, dan guru di MIS Hikmatul Salridho. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, pengolahan data, dan analisis data untuk implikasi.. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Ketersediaan sarana dan prasarana di MIS Hikmatul Salridho cukup menampung semua romber yang ada yakni 11 rombel. Fasilitas di setiap ruang kelas tergolong cukup baik untuk melaksanakan proses pembelajaran, (2) Penerapan proses pembelajaran di MIS Hikmatul Salridho terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam penerapannya berdasarkan observasi yang dilakukan tidak sepenuhnya dilaksanakan sesuai RPP dan kurang dalam pengelolaan kelas, (3) Efektivitas proses pembelajaran terlihat dari partisipasi siswa dalam pembelajaran dan partisipasi tidak merata dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penerapan standar proses harus dikelola dengan baik, selain itu kepala madrasah bersama WKM Kurikulum harus senantiasa melakukan monitoring, dan guru hendaknya melaksanakan pembelajaran secara terstuktur untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:56
Last Modified: 11 Feb 2025 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24854

Actions (login required)

View Item View Item