Berampu, Wantri Anggraini (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Islam Washatiyah Kelas X di Madrasah Aliyah Proyek UNIVA Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB_1_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB_2_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB_3_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB_4_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB_5_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA,_LAMPIRAN_SKRIPSI_WANTRI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi masalah terkait kurangnya kemampuan guru akidah akhlak dalam menerapkan berbagai model pembelajaran, yang disebabkan oleh kurangnya informasi mengenai model tersebut. Kegiatan pembelajaran di kelas sering kali terbatas pada metode menyimak dan ceramah. Mengacu pada buku panduan model pembelajaran kooperatif Musdalipa, model snowball throwing terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam berinteraksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar akidah akhlak di kelas X Madrasah Aliyah Proyek UNIVA Medan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 45 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji parametrik t test, jenis independent sample t test, yang terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisis, menunjukkan bahwa nilai signifikansi thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 13.406 > 1.68195 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan model snowball throwing terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga disarankan agar pemangku pendidikan memberikan pelatihan kepada guru mengenai berbagai model pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 01:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |