Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Smp Swasta Darul Amin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Darul Amin Aceh Tenggara

Wahyuni, Sri (2024) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Smp Swasta Darul Amin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Darul Amin Aceh Tenggara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Cover_1 (1).pdf

Download (597kB)
[img] Text
Bab_I (7).pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab_II (7).pdf

Download (535kB)
[img] Text
Bab_III (8).pdf

Download (204kB)
[img] Text
Bab_IV (6).pdf

Download (515kB)
[img] Text
Bab_V (7).pdf

Download (51kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lampiran_new.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kinerja guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara, 2) Mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara, 3) Mengetahui Apa saja faktor penghambatan dan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono (2015:13), atau disebut juga penelitian naturalistik karena penelitian yang bersifat alami. Hasil penelitian ini bahwa 1) Kinerja guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara sudah cukup bagus, hal ini bisa dilihat dari terpenuhinya jam Pelajaran yang tersedia. Dan apabila ada guru yang berhalangan hadir untuk melaksanakan tugasnya, mereka memberikan kabar melalui group Whattsap atau melalui alat komunikasi. Selanjutnya Kepala sekolah memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru, baik secara personal/individu maupun secara umum dalam rapat guru mingguan. Khususnya pada rapat mingguan, guru dievaluasi, diarahkan, dan dilakukan pembimbingan, 2) Strategi kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara, bahwa Strategi yang dilakukan berupa pembinaan kinerja, pembinaan disiplin, pengawasan, pemberian motivasi, pengambangan kompetensi guru, bekerjasama dengan Lembaga lain, pemberian penghargaan, mengoptimalkan sarana dan prasarana, serta evaluasi rutin mingguan, bulanan dan tahunan. Selanjutnya diberikan Diklat/pelatihan yang diberikan tidak hanya fokus kepada guru yang memiliki kinerja yang rendah, akan tetapi ke seluruh guru yang bernaung di SMP Swasta Darul Amin, 3) Faktor penghambatan dan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di SMP Swasta Darul Amin Kuta Cane Aceh Tenggara, bahwa yang menjadi faktor penghambat kurangnya kerjasama stakeholder, sumber daya finansial, rendahnya pengetahuan guru dalam menggunakan IT, dan guru masih cenderung menggunakan cara lama dalam mengajar. Serta ketika guru banyak yang mengikuti kegiatan untuk pengembangan diri di luar sekolah, maka proses belajar mengajar terganggu. Selanjutnya, yang menjadi faktor pendukung Lingkungan sekolah yang asri, sarana dan prasarana yang memadai, jumlah guru yang cukup, dan bekerja sama dengan pihak lain menjadi faktor pendukung sekolah dalam meningkatkan mutu.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:38
Last Modified: 04 Feb 2025 02:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24434

Actions (login required)

View Item View Item