Analisis Strategi Konten Kreator Instagram Dalam Meningkatkan Pesan – Pesan Dakwah Di Era Digital (Tinjauan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Dan Threats)

Ar-Ridho, Abdi (2024) Analisis Strategi Konten Kreator Instagram Dalam Meningkatkan Pesan – Pesan Dakwah Di Era Digital (Tinjauan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Dan Threats). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1 (2).pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB_2 (2).pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB_3 (2).pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB_4 (1).pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB_5 (2).pdf

Download (289kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka (2).pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Konten Kreator Instagram dalam Meningkatkan Pesan – Pesan Dakwah di Era Digital (Tinjauan Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desktiptif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana menerapkan strategi yang tepat yang harus diterapkan oleh konten kreator Instagram dalam meningkatkan pesan-pesan dakwah di era digital dengan tinjauan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari konten kreator instagram. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan konten kreator Tega Pra Wibowo, Adjie Satria, dan Ahmad Harmaini, sedangkan data sekunder didapat dari jurnal, majalah, hasil penelitian, buku-buku dan informasi lainya mengenai hal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kekuatan adalah konten video dakwah yang menerjemahkan ceramah Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia yang memudahkan masyarakat Indonesia belajar langsung dari ulama Timur Tengah, pada kelemahan adalah tidak konsistennya dalam memposting konten, pada peluang adalah memberikan tema konten tentang fiqih kontemporer yang digemari masyarakat, dan pada ancaman adalah konten kreator akun instagram lain, baik itu dakwah atau hiburan lebih aktif dan terkordinir dalam mengurus akun instagramnya sehingga lebih cepat naik followernya. Posisi ketiga konten kreator berada pada kuadran pertama, hal ini menunjukkan berada pada posisi Agresif. Sehingga strategi yang harus diterapkan adalah strategi agresif. Strategi ini dibuat dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:12
Last Modified: 03 Feb 2025 02:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24375

Actions (login required)

View Item View Item