Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Snowball Drilling dan Direct Instruction Pada Kelas X MAN 1 Deli Serdang

Yashi, Fajaru Wada (2024) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Snowball Drilling dan Direct Instruction Pada Kelas X MAN 1 Deli Serdang. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__BAB_I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
3__BAB_II.pdf

Download (658kB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (787kB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
7__daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diletarbelakangi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih cenderung rendah, pembelajaran matematika di sekolah juga masih cenderung berorientasi pada buku, penyajian materi dari guru secara keseluruhan, pemberian contoh soal, kemudian siswa diminta untuk mengerjakan beberapa soal dan ditutup dengan membahasnya secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball drilling dan direct instruction pada kelas X MAN 1 Deli Serdang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design), desain penelitian yang digunakan adalah the randomized post test only control group design. Yang menjadi populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Deli Serdang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 180 siswa yang terdiri dari 2 kelas paralel. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu terdiri dari dua kelas yang diambil acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi yang ada. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri atas kelas X-C sebagai kelas yang dajarkan model pembelajaran snowball drilling dengan jumlah 36 orang dan kelas X-D yang diajarkan model pembelajaran direct instruction dengan jumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: 1) tes kemampuan pemecahan masalah, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji t-independent. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis dengan thitung = 4,05 dan nilai ttabel =2,03. Karena thitung >ttabel yakni 4,05 > 2,03 maka H0 ditolak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball drilling dan direct instruction di MAN 1 Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:50
Last Modified: 31 Jan 2025 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item