Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan

Efendi, Rahmat (2024) Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_RAHMAT_EFENDI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA SMP ISLAM ALULUM TERPADU MEDAN" saat jam sekolah mulai dari masuk bel sekolah hinggan bel pulang sekolah. Kurangnya disiplin siswa berpotensi membawa dampak negatif, baik secara akademis siswa maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, metodologi yang dilakukan dalam pengumpulan data dengan metode kualitatif, dimana dalam penelitian ini penulis melihat langsung permasalahan kedisiplinan siswa di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan teknik wawancara terjadwal dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan juga dengan guru bimbingan konseling, peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk mengamati langsung jawaban dari narasumber setelah wawancara dilakukan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) manajemen peserta didik yang diterapkan oleh SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan yaitu dengan penerapan kurikulum nasional, (2) kurangnya disiplin siswa didasari oleh orang tua siswa yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga kurang memberikan perhatian kepada anaknya, (3) analisis manajemen peserta didik dalam peningkatan kedisplinan siswa yang diterapkan sekolah yaitu dengan edukasi disiplin oleh guru, staf dan perangkat yang terkait disekolah. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas, maka kedisiplinan siswa selalu ditingkatkan sekolah dengan kegiatan manajemen yang jelas, sehingga kedisiplinan siswa akan mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar sehingga memberikan dampak yang sangat baik bagi akademis siswa, kehidupan sehari-hari, dan mempersiapkan masa depan yang mampu mengikuti segala perubahan dan peraturan baik pada saat sekolah maupun setelah lulus sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:23
Last Modified: 30 Jan 2025 06:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24190

Actions (login required)

View Item View Item