Strategi Komunikasi Pengelola Podcast Dalam Menyiaran Dakwah Era Digital Pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan

Pane, Ninda Uliasa (2022) Strategi Komunikasi Pengelola Podcast Dalam Menyiaran Dakwah Era Digital Pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_NINDA_ULIASA_PANE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I (2).pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB_II (2).pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB_III (2).pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB_IV_.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB_V (2).pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (2).pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pengelola podcast dalam menyiarkan dakwah era digital pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan dan hambatan pada strategi komunikasi pengelola podcast dalam menyiarkan dakwah era digital pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen atau catatan, dan referensi atau literatur yang terkait dengan fokus penelitian. Informan pada penelitian ini merupakan komisi Infokom MUI Kota Medan yang terdiri dari tiga informan yaitu H. Rahmat Hidayat Nasution, Lc. Putra Perwira, M. Kom, dan Rahma Widayanti Mandasari, S. S, M. Hum. Penelitian lapangan ini menggunakan teori empat tahapan perumusan strategi komunikasi oleh Anwar Arifin yang terdiri dari mengenali khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan pemilihan media. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pengelola podcast dalam menyiarkan dakwah era digital pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan yaitu terdiri dari empat tahapan yaitu mengenali khalayak: khalayak yaitu seluruh masyarakat dan khususnya generasi muda sebagai pengguna aktif internet; menyusun pesan: pesan didasarkan pada komisi-komisi yang ada di MUI Kota Medan dan berdasarkan pada momentum; menetapkan metode: menggunakan metode canalizing yaitu menyajikan materi secara dinamis, menggali narasumber dengan kekinian, membuat tema yang menarik dan mengemas konten dengan baik dan metode informatif yaitu menyampaikan materi keagamaan untuk mempengaruhi dan memberikan penerangan pada khalayak; pemilihan media: memilih Podcast sebagai media menyiarkan dakwah karena terdapat potensi besar pada podcast, lebih luas jangkauan dan durasinya, bagian dari semangat generasi muda. Hambatan strategi komunikasi pengelola podcast dalam menyiarkan dakwah era digital pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan yaitu hambatan internal berupa anggaran yang belum memadai, background pengurus yang masingmasing punya pekerjaan diluar podcast yang menyebabkan terbatasnya waktu masing-masing pengurus dan terkait keterbatasan kemampuan untuk mengembangkan kanal Youtube, menambah jumlah viewers dan subscribers.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 05:48
Last Modified: 30 Jan 2025 05:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24177

Actions (login required)

View Item View Item