Pasaribu, Rodiyah (2024) Upaya Meningkatkan Moral Dan Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Audio Visual Di TK IT Bunayya 7. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER_SI-PUSAKA-1.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
bab_1_rodiyah.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
bab_2_rodiyah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab_3_rodiyah.pdf Download (758kB) |
![]() |
Text
bab_4_rodiyah.pdf Download (928kB) |
![]() |
Text
bab_5_rodiyah.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
daftar_pustaka_rodiyah.pdf Download (695kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan agama dan moral anak melalui media audio-visual di TK IT Bunayya 7. Media audio-visual dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan sikap patuh terhadap peraturan dan tata tertib sekolah serta dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Subjek penelitian ini ini adalah anak TK IT Bunayya 7 yang terdiri dari 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini yaitu perkembangan agama dan moral anak yang meliputi 6 indikator. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan perkembangan moral melalui media audio-visual.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan agama dan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui media audio-visual. Nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun di TK IT Bunayya 7 dapat terlihat dari hasil penelitian pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan. Siklus I bisa dilihat bahwa pada setiap indikator anak belum mendapat nilai berkembagn sesuai yang diharapkan melainkan masih bertahan pada nilai mulai berkembang. Sedangkan pada siklus II didapatkan hasil dengan kemajuan sejumlah anak yang mendapat nilai belum berkembang dan mulai berkembang tidak ada (0%), nilai berkembang sesuai harapan terdapat 2 anak (13%), dan 13 anak mendapat nilai berkembang sangat baik (87%). Dengan hasil anak dapat mengenal Tuhan melalui Dengan hasil anak dapat mengenal Tuhan melalui ciptaannya, anak mampu mengenal perilaku baik, buruk, sopan santun, anak sabar dan tenang selama pembelajaran, dapat mengikuti perintah dengan baik, dapat menirukan dan melafalkan beberapa surah pendek Al-Quran, dan membiasakan mengucapkan salam membalas salam.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 06:55 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 06:55 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |