Nabila, Aisyah (2024) Manajemen Pembelajaran di SMP Swasta MTTQ SCHOOL Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER (16).pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
BAB_I (13).pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB_II (11).pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB_III (16).pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB_IV (14).pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB_V (18).pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf Download (974kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran di SMP MTTQ SCHOOL (2) Bagaimana pengorganisasian pembelajaran di SMP MTTQ SCHOOL (3) Bagaimana pelaksaan pembelajaran di SMP MTTQ SCHOOL (4) Bagaimana pengevaluasian pembelajarn di SMP MTTQ SCHOOL. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang manajemen pembelajaran di sekolah ini karena dalam penerapannya memiliki target tahfidz Al-Qur’an dengan kualitas tahsin bacaan A-Qur’an menggunakan Al- Baqry untuk mengenali cara belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumen, observasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa pembuatan deskripsi detail tentang kasus tersebut. Dalam analisis data peneliti mereduksi data dengan merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan pola nya dan membuang yang tidak perlu, sehingga data yang direduksi memberikan gambaran yang lebih jelas. Kemudian peneliti mendisplaykan data (menyajikan data) untuk memudahkan dalam memahami apa yang terjadi. Salanjutnya, peneliti melalukan penarikan kesimpulan (conclusing drawing/verification). Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, konfirmabilitias dengan menggunakan tringgulasi. Hasil penelitian ini Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di SMP Swasta MTTQ SCHOOL berupa pencapaian tujuan pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, serta merancang pembuatan RPP, Silabus, Program Semester, Program Tahunan. Pengorganisasian pembelajaran tahfidz Al-Qur’an mendayagunakan seluruh komponen pembelajaran yang termasuk pembagian tugas atau pekerjaan dan memilih alat taktik pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an berupa tatap muka kelompok kecil dimana satu guru pembimbing bertanggung jawab atas 8- 10 siswa. Jadwal pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an disusun oleh Pembina tahfidz, kepala sekolah dan guru pembimbing. Terdapat 6 jam dalam sehari waktu khusus yang disediakan untuk pembelajaran tahfidz yang terbagi 3 pertemuan, 1 jam pertama untuk menambah hafalan, 3 jam kedua untuk mengulang hafalan dan 2 jam ketiga untuk menambah hafalan. Evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang diterapkan berupa evaluasi pengawasan pendahuluan, pengawasan berjalan, serta pengawasan umpan balik.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |